Honda Pamerkan Display Ikonik Lintas Generasi ke Honda Culture Indonesia Vol.2
News / 18 November 2025
Jakarta, 16 November 2025 – PT Honda Prospect Motor menghadirkan jajaran mobil dan motor ikonik yang menampilkan perjalanan panjang inovasi Honda dari era 1960-an hingga era modern di acara Honda Culture Indonesia Vol.2. Deretan display ini berada di Main Zone, terdiri dari model-model bersejarah, kolektor, performa, hingga model yang menjadi ikon kultur otomotif Honda di Indonesia dan dunia.
DERETAN MOBIL IKONIK
1. Honda TN-360 (1967-1977)
Honda TN-360 merupakan mobil komersial pertama Honda yang berbentuk small pick-up. Model ini dirancang sebagai kendaraan niaga ringan (kei truck) untuk membantu sektor logistik pasca Perang Dunia II.
Detail utama:
- Mulai dijual tahun 1967
- Mesin 354 cc, tenaga ±30 PS
- Desain sederhana, efisien, dan mudah dirawat
- Menjadi fondasi perkembangan kei truck Honda pada dekade berikutnya
2. Honda S500 (1963-1964)
Model yang menandai debut Honda di dunia mobil sport. Dikenal karena teknologi mesin yang sangat maju pada masanya.
Detail utama:
- Sportscar pertama Honda
- Mesin 531 cc, 4-silinder DOHC
- Tenaga ±44 hp @ 8.000 rpm
- Karakter ringan, responsif, putaran mesin tinggi
- Menjadi inspirasi DNA sport Honda di dekade berikutnya
3. Honda S800 (1966-1970)
Penerus S500 dan S600 yang menandai puncak performa lini S-series klasik Honda di era 1960-an.
Detail utama:
- Mesin 791 cc, 4-silinder yang mampu meraih 10.000 rpm
- Tenaga ±70 hp, top speed 160 km/jam
- Dikenal karena ketahanan mesin dan handling presisi
- Salah satu mobil klasik paling dicari kolektor Honda di dunia
4. Honda Accord Generasi 2 (1981-1985)
Model sedan revolusioner yang menghadirkan kenyamanan berkendara yang elegan dengan berbagai teknologi baru pada masanya.
Detail utama:
- Menggunakan teknologi Honda's Programmed Fuel Injection (PGM-FI) untuk pertama kalinya
- Hadir dengan pilihan mesin 1.6L & 1.8L
- Transmisi otomatis 4 percepatan hadir untuk pertama kalinya
- Sistem pengereman menggunakan disc brakes untuk pertama kalinya
5. Honda Prelude Generasi 3 (1987-1991)
Generasi ketiga hadir dengan pembaruan yang semakin nyaman, sporty dan teknologi baru.
Detail utama:
- Desain kompak dengan garis tegas
- Sunroof elektrik—fitur mewah pada akhir 80-an
- Mesin 2.0L DOHC / SOHC
- Pilihan transmisi manual dan otomatis
- Salah satu model coupe Honda paling populer di eranya
6. Honda Prelude Generasi 5 (1996-2001)
Generasi Prelude yang hadir dengan desain lebih agresif, aerodinamis, dan modern.
Detail utama:
- Proporsi lebih rendah dan lebar
- Lampu depan ikonik dengan garis bodi halus
- Handling lebih baik berkat set-up sasis yang lebih rigid
- Menjadi Prelude dengan desain paling dikenal generasi modern
7. Honda Civic Estilo (1991-1995) – Mugen Spec
Varian hatchback 3 pintu dari Civic EG yang menjadi ikon kultur modifikasi di Indonesia.
Detail utama:
- Mesin 1.6L SOHC PGM-FI, 120 hp
- Desain kabin fungsional, kursi semi-bucket
- Posisi duduk rendah memberi nuansa sport
- Unit display menggunakan komponen desain & performa Mugen
- Salah satu model Honda paling diburu kolektor di Indonesia
8. Honda CR-X (1980s–1990s)
Mobil dua pintu ringan yang menjadi simbol gaya hidup sporty dan efisien.
Detail utama:
- Bobot ringan, handling tajam
- Salah satu model pertama Honda yang memakai VTEC
- Desain ikonik hatchback dua pintu
- Efisiensi bahan bakar sangat baik
- Sangat populer di motorsport amatir dan kalangan enthusiast
9. Honda CR-X del Sol (1992-1998)
Pengembangan dari CR-X dengan atap targa yang dapat dilepas.
Detail utama:
- Removable roof panel (targa top)
- Mesin VTEC 1.5L & 1.6L
- Pilihan transmisi manual & otomatis
- Memberi pengalaman berkendara ala roadster
- Menjadi salah satu model Honda paling unik secara desain
10. Honda Civic Nouva EF9 (1987–1991)
Civic hatchback performa tinggi dengan mesin VTEC pertama untuk lini Civic.
Detail utama:
- Mesin 1.6L B16A, tenaga 160 hp
- Transmisi manual 5-percepatan
- Bobot ringan, aerodinamika baik
- Jadi basis populer untuk balap touring dan rally
- EF9 menjadi salah satu Civic paling berpengaruh di dunia modifikasi
11. Honda NSX NA1 (1991-2006)
Supercar revolusioner Honda yang membawa filosofi F1 ke jalan raya.
Detail utama:
- Dikembangkan bersama desainer Ken Okuyama & Pininfarina
- Ayrton Senna terlibat dalam fine-tuning chassis
- Sasis aluminium monokok pertama di dunia untuk mobil produksi massal
- Mengubah standar supercar menjadi lebih mudah dikendarai dan andal
12. Honda CR-V Generasi 1 (1995-2001)
Awal dari sejarah panjang CR-V sebagai SUV global Honda selama 30 tahun.
Detail utama:
- SUV pertama Honda
- Kombinasi kenyamanan sedan & utilitas SUV
- Dirilis 1995, jadi pionir compact SUV modern
- Merayakan 30 tahun eksistensi pada 2025 dan kini hadir dengan powertrain Turbo, e:HEV, hingga e:FCEV
13. Honda S2000 (1999-2010) – Mugen Spec
Roadster performa tinggi peringatan 50 tahun Honda.
Detail utama:
- Desain 2-seater dengan soft top
- Mesin 2.0L berputar tinggi (hingga 9.000 rpm)
- Sasis X-Bone Frame, distribusi bobot 50:50
- Salah satu mesin naturally aspirated terbaik di dunia
- Unit display menggunakan spek Mugen untuk desain & performa
14. Honda Logo (1996–2001)
Hatchback kompak pendahulu Honda Jazz.
Detail utama:
- Mesin 1.3L SOHC
- Transmisi manual 5-percepatan atau CVT
- Power steering & kursi belakang lipat
- Model sederhana, efisien, dan fungsional
- Menjadi jembatan menuju generasi Honda Fit/Jazz
15. Honda Civic Type R FN2 (2007–2011)
Type R hatchback khusus pasar Eropa dengan karakter agresif dan performa tinggi.
Detail utama:
- Mesin 2.0L DOHC i-VTEC, 198 hp
- Transmisi manual 6-percepatan
- Penggerak roda depan FWD
- Dual-layer dashboard yang futuristik
- Desain hatchback aerodinamis khas pasar Eropa
16. Honda Civic Type R FL5 (2022-sekarang)
Honda Civic Type R FL5 berhasil kembali memecahkan rekor putaran tercepat di Sirkuit, Nurburgring, Jerman.
Detail utama:
- Mesin 2.0L DOHC VTEC Turbo
- Transmisi manual 6-percepatan
- Penggerak roda depan FWD
- Berhasil memecahkan rekor putaran tercepat di sirkuit-sirkuit kelas dunia, seperti: Nurburgring, Jerman.
DISPLAY MOTOR IKONIK
1. Honda NSR MC Series
Motor sport 2-tak legendaris (MC16–MC28) yang menjadi barang koleksi langka.
Detail utama:
- Populer di kalangan penggemar 2-tak
- Handling presisi dan tenaga eksplosif
- Unit NSR250R MC menjadi salah satu motor kolektor paling dicari di Asia
2. Honda CB450 “Red Dragon” (1965)
Tonggak sejarah motor Jepang pertama dengan teknologi DOHC twin.
Detail utama:
- Mesin 444 cc DOHC twin
- Tenaga besar dan desain elegan
- “Red Dragon” merupakan edisi ekspor terbatas untuk Eropa
- Warna merah cerah menjadi ciri khas unit ini
3. Honda CB450 Police Special Edition
Varian khusus CB450 untuk kendaraan patroli polisi era 1960-an.
Detail utama:
- Dilengkapi sirene, lampu merah, rak radio
- Speedometer khusus versi kepolisian
- Produksi terbatas, kini sangat dicari kolektor
- Representasi kuat dari sejarah Honda di bidang utilitas dan keamanan
